5 Cara Aman Membersihkan Keyboard Laptop

5 Cara Aman Membersihkan Keyboard Laptop

Blog Single

Meskipun selalu terlihat bersih, tapi faktanya keyboard laptop banyak menyimpan debu lho. Bentukannya yang kecil serta banyak selipan menjadi sarang para debu.

Kebanyakan dari kita mungkin menganggap permasalahan debu adalah hal sepele. Eitss jangan salah dulu, kalau dibiarkan bisa jadi akan menumpuk, menjadi sumber kotoran bahkan mungkin bisa membuat laptopmu jadi korslet atau nge-hang.

Ini dia nih 5 cara aman membersihkan keyboard laptop mu.

1.      Matikan laptop saat dibersihkan

Saat sedang membersihkan keyboard dalam keadaan laptop menyala tanpa disengaja kita menekan banyak tombol. Hal ini dapat menyebabkan laptop error secara tiba-tiba. Nah untuk menghindari hal ini alangkah baiknya matikan dulu laptop sebelum mulai membersihkan keyboard.

2.      Bersihkan keyboard dengan posisi terbalik

Keyboard dengan posisi terbalik dapat mempermudah proses pembersihan. Ketika posisi keyboard dibalikkan, debu-debu serta kotoran yang menempel pada keyboard akan lebih mudah jatuh dan keluar dari sela yang sempit.

3.      Pakai brush make up untuk membersihkan keyboard

Brush make up memiliki bentuk yang kecil sehingga memudahkan untuk membersihkan sela-sela keyboard. Caranya adalah dengan menyapu sela-sela keyboard secara lembut. Lakukan berulang kali sampai tidak ada debu dan kotoran yang tersisa.

4.      Gunakan hair dryer

Hair dryer dapat menyapu kotoran pada keyboard sampai ke dalam sela-sela. Namun jangan menggunakan alat ini ketika kondisi laptop sedang panas karena suhu hair dryer yang panas bisa membuat laptop cepat rusak. Sebelum membersihkan keyboard dengan hair drye, pastikan dulu kamu sudah membersihkan bagian keyboard laptop dengan cukup bersih agar dorongan dari hair dryer tersebut tidak membuat kotorannya semakin mendalam.

5.      Cabut keyboard laptop

Cara yang terakhir ini hanya disarankan bagi kamu yang berpengalaman. Kalau belum ada pengalaman jangan coba-coba deh ntar bukannya bersih malah rusak.

Mencabut keyboard merupakan salah satu cara yang paling ampuh tapi memiliki resiko yang tinggi. Dengan mencabutnya kamu bisa membersihkan keyboard sampai ke akar-akarnya.

Nah gimana gampang banget kan? Coba deh mulai untuk membersihkan keyboard secara teratur agar terhindar dari masalah keyboard mati secara tiba-tiba. Good Luck!

Dwi Rahmadani . June 29, 2021. https://teknologi.id/ulasan/5-cara-aman-membersihkan-keyboard-laptop

Related Posts: