Mengenal Serangan Deface yang Sering Dipakai Hacker

Mengenal Serangan Deface yang Sering Dipakai Hacker

Blog Single

Beberapa waktu lalu situs resmi Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) diretas. Hacker dari Brasil diduga menjadi dalang di balik aksi ini.  

Pelaku melakukan serangan deface yang menyasar situs www.pusmanas.bssn.go.id. Hingga saat ini, situs tersebut masih belum bisa diakses. "

Saat ini BSSN masih tetap melakukan penyelidikan untuk memastikan dalang sebenarnya di balik serangan deface yang menyasar situs resmi BSSN. Lantas, apa itu serangan deface?

Deface menjadi salah satu teknik peretasan yang cukup sering dilakukan hacker. Secara sederhana, dengan menggunakan teknik deface, peretas mengubah tampilan halaman web yang menjadi sasaran.

Dilansir dari Kompas, perubahan tersebut bermacam-macam, bisa menambah konten, menghapus konten, atau memodifikasi konten yang ada.

Misalnya, peretas mengubah font website, memunculkan iklan yang mengganggu, bahkan peretas juga dapat mengubah tampilan keseluruhan web sasaran.

Aksi serangan dengan teknik ini umumnya dilakukan hacktivist atau peretas yang ingin mengungkapkan hal tertentu.

Para hacktivist ini mengubah tampilan website dan informasi situs web dengan menyematkan isi pesan dari hacker.

Hal itu juga terjadi di kasus deface website BSSN. Dalam sebuah tangkapan layar yang diunggah akun Twitter dengan handle @son1x777 pada 20 Oktober 2021.

Dikabarkan bahwa aksi ini dilakukan untuk membalas aksi peretasan website negara Brasil yang diduga berasal dari Indonesia.

Serangan deface website biasanya dilakukan untuk menunjukkan kelemahan sebuah situs web. Metode deface ini biasanya menjadi awal dari serangan.

Artinya, jika hacker berhasil menemukan celah, bukan tidak mungkin selanjutnya mereka akan mengeksploitasi kerentanan dan melakukan serangan ke level yang lebih tinggi.

Fabian Pratama Kusumah . October 27, 2021. https://teknologi.id/news/mengenal-serangan-deface-yang-sering-dipakai-hacker

Related Posts: